Struktur Organisasi

DEPARTEMEN PSIKOLOGI

Ketua
Ali Mashuri, S.Psi., M.Sc., Ph.D

Sekretaris
Yuliezar Perwira Dara, S.Psi., M.Psi

Umum dan Keuangan
Sofia Nuryanti, S.Si., M.A

Kompartemen  Industri & Organisasi :
Dr. Ika Rahma Susilawati, S.Psi., M.Psi

Kompartemen Pendidikan & Pengukuran :
Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi

Kompartemen Klinis Kesehatan :
Elmy Bonafita Z, S.Psi., M.Psi

Kompartemen Perkembangan :
Ika Fitria, S.Psi., M.Psi

Kompartemen Sosial :
Sukma Nurmala, S.Psi., M.Si

Koordinator:

  1. Tracer Study                : Naila Kamaliya, S.Psi., M.Psi
  2. Umum & Keuangan : Sofia Nuryanti, S.Si., M.A
  3. Kemahasiswaan        : Yuli Rahmawati, S.Psi., M.Psi
Unit Jaminan Mutu (UJM)

Ketua :
Ridwan Aji BP, S.Psi., M.Sc., Ph.D

Sekretaris :
Dian Putri Permatasari, S.Psi., M.Si

Anggota:
Dr. Intan Rahmawati, S.Psi., M.Si
Nur Hasanah, S.Psi., M.A
Dita Rachmayani, S.Psi., M.A

PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI

Program Studi S1 Psikologi :
Ali Mashuri, S.Psi., M.Sc., Ph.D

Program Studi S2 Magister Sains Psikologi :
Dr. Sumi Lestari, S.Psi., M.Si

Tim Adhoc Pemantau Tugas Akhir

Koordinator :
Dr. Omar Khalifa Burhan, S.Psi., M.Sc

Anggota :
Dr. Ika Rahma Susilawati, S.Psi., M.Psi
Dewi Puri Astiti, S.Fil, M.Si
Sukma Nurmala, S.Psi., M.Si
Dewi Sri Mustikasari, S.Psi, M.Si

LABORATORIUM PSIKOLOGI

Ketua
Dr. Ika Widyarini, S.Psi., MLHR

Staf
Agustina Dwi Susanti, S.Psi., Psikolog

PUSAT KAJIAN PSIKOLOGI TERAPAN (PKPT)

Ketua
Ika Fitria, S.Psi., M.Psi

Wakil
Fatiya Halum Husna, S.Psi., M.Psi

Sekretaris
Arum D Gayatri, S.Psi

MEDIAPSI

Koordinator :
Dr. Lusy Asa Akhrani, S.Psi., M.Psi.T

Anggota :
Fatiya Halum Husna, S.Psi., M.Psi
Sofia Nuryanti, S.Si., M.A
Dr. Omar Khalifa Burhan, S.Psi., M.Sc

Tugas Pokok dan Fungsi

Jurusan
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
JURUSAN 1 Menjalankan kebijakan akademik dan standar mutu pendidikan yang ditetapkan Fakultas.
  2 Menyusun rencana kegiatan atau program kerja Jurusan.
  3 Mengkoordinasikan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Jurusan.
  4 Melaksanakan pengembangan Jurusan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  5 Mengembangkan hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder).
  6 Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar di tingkat Jurusan.
  7 Melaksanakan kegiatan administratif dan kesekretariatan Jurusan (pengelolaan dana).
  8 Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan Jurusan.
  9 Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian.
  10 Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Jurusan.
  11 Mengkoordinasikan kegiatan laboratorium di lingkungan Jurusan.
  12 Mengkoordinasikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan dan atau Kuliah Kerja Nyata mahasiswa.
  13 Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Jurusan.
  14 Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Jurusan.
  15 Menyampaikan laporan kegiatan secara berkala kepada Dekan.
     
a. Ketua 1 Menyusun Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan.
  2 Menyusun rencana biaya operasional dan timeline kegiatan tahunan Jurusan.
  3 Mengkoordinasikan penyusunan laporan kegiatan Jurusan.
  4 Melaporkan capaian kinerja secara berkala kepada Dekan.
  5 Merumuskan pelaksanaan penjaminan mutu akademik dan proses bisnis Jurusan.
  6 Membuat analisis kebutuhan pengembangan SDM Jurusan.
  7 Mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Rencana Induk Penelitian Jurusan.
  8 Memonitor dan mengevaluasi perumusan kurikulum, kompetensi lulusan, dan RPS.
  9 Mengevaluasi beban tugas mengajar dosen setiap semester.
  10 Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan.
  11 Memonitor dan mengevaluasi mekanisme konsultasi dosen Penasihat Akademik, Pembimbing dan penguji Skripsi/PKN.
  12 Merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Jurusan.
  13 Mengembangkan hubungan baik dan kerja sama dengan pemangku kepentingan.
     
b. Sekretaris 1 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan.
  2 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan timeline kegiatan tahunan Jurusan.
  3 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep penyusunan laporan kegiatan Jurusan.
  4 Mengkoordinasikan pembuatan Tinjauan Manajemen.
  5 Bersama UJM menyiapkan Audit Internal Mutu (AIM).
  6 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana pengembangan SDM Jurusan.
  7 Menyusun basis data kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Jurusan.
  8 Melakukan dan mensosialisasikan plotting Penanggung Jawab Mata Kuliah.
  9 Melakukan dan mensosialisasikan plotting mengajar dosen tiap semester.
  10 Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian (verifikasi soal UTS/UAS, pengumpulan soal ujian, pengisian nilai).
  11 Melakukan dan mensosialisasikan plotting dosen Penasihat Akademik, Pembimbing dan penguji Skripsi/PKN.
     
c. Ketua Progam Studi 1 Menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja.
  2 Melaksanakan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan, silabus, dan SAP pengajaran.
  3 Membantu membuat pembagian tugas perkuliahan.
  4 Berkoordinasi dalam penyusunan perencanaan perkuliahan dan satuan acara perkuliahan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  5 Berkoordinasi dalam penyusunan instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  6 Berkoordinasi dalam memantau kemajuan studi mahasiswa.
  7 Berkoordinasi dalam penyusunan rencana pelaksanaan praktikum.
  8 Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu Program Studi.
  9 Berkoordinasi dalam pelaksanaan ujian dan pengumpulan soal ujian.
  10 Berkoordinasi dalam pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbing akademis.
  11 Berkoordinasi dalam kegiatan pelaksanaan skripsi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
  12 Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Program Studi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas (AIM dan Raker).
  13 Berkoordinasi dalam memantau ketercapaian CPL (kualitas soal, kualitas penilaian, evaluasi mahasiswa mengenai pembelajaran).
  14 Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai dokumen akademik (administrasi ujian akhir, lembar pengesahan, transkrip dsb).
Administrasi
Unit Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
ADMINISTRASI 1 Membantu proses plotting dosen setiap awal semester.
2 Melakukan pelayanan administrasi Jurusan/Program Studi.
3 Mengurus proses kegiatan Praktik Kerja Nyata (PKN) mahasiswa.
4 Mengurus proses kegiatan skripsi mahasiswa.
5 Mengurus proses kegiatan yudisium.
6 Membantu proses pengajuan anggaran Jurusan (anggaran rutin bulanan dan anggaran praktikum mata kuliah).
7 Melakukan administrasi pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir, ujian PKN, dan seminar proposal.
8 Pengurusan dan pengarsiapan surat dan berkas-berkas Jurusan/Program Studi.
9 Mengurus proses pelaksanaan rapat Jurusan/Program Studi.
10 Membantu pengelolaan website Jurusan/Program Studi.
11 Membantu menyediakan keperluan Jurusan/Program Studi (ATK dan lain-lain).
12 Membantu pengelolaan ruang baca Jurusan/Program Studi.
Jaminan Mutu
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
JAMINAN MUTU 1 Menjabarkan baku mutu pendidikan ke dalam dokumen-dokumen mutu akademik Jurusan/Program Studi.
2 Memonitor implementasi penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi.
3 Mengevaluasi penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi.
4 Menyampaikan laporan pelaksanaan penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi dan proses bisnis secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua 1 Menyusun dokumen spesifikasi Jurusan/Program Studi, Manual Mutu, dan Standard Operating Procedure (SOP).
2 Melaksanakan koordinasi, pemantauan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota Unit Jaminan Mutu (UJM).
3 Bertanggung jawab dalam kegiatan rutin Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).
4 Melakukan koordinasi dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas.
5 Penyiapan Audit Internal Mutu (AIM).
b. Sekretaris 1 Membantu Ketua UJM dalam menyusun dokumen spesifikasi Jurusan/Program Studi, Manual Mutu, dan SOP.
2 Membantu Ketua UJM dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan.
3 Melaksanaan surat menyurat yang berkaitan dengan UJM (sosialisasi dokumen mutu Jurusan Psikologi).
4 Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi, dan rapat evaluasi kegiatan.
5 Penyiapan Audit Internal Mutu (AIM).
c. Anggota 1 1 Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis pendidikan seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2 Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis pendidikan.
3 Membantu tugas-tugas terkait dengan pengelolaan keuangan internal di UJM.
4 Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
d. Anggota 2 1 Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis penelitian dan pengabdian seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2 Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis penelitian dan pengabdian.
3 Membantu tugas-tugas terkait dengan pengarsipan dokumen hardfile di UJM.
4 Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
e. Anggota 3 1 Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis manajerial/pelaksana pendukung seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2 Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis manajerial/pelaksana pendukung
3 Membantu tugas-tugas terkait dengan pengarsipan dokumen softfile di UJM.
4 Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
Kelompok Jabatan Fungsional Dosen
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL DOSEN 1 Menjabarkan rencana induk penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam dokumen mutu dan rencana strategis Jurusan.
2 Memonitor implementasi rencana penelitian dan pengabdian masyarakat Jurusan.
3 Mengevaluasi rencana penelitian dan pengabdian masyarakat Jurusan.
4 Menyampaikan laporan rencana induk penelitian dan pengabdian masyarakat secara periodik kepada Ketua Jurusan.
Kurikulum
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi Pelaksana
KURIKULUM 1 Merumuskan
a Merumuskan capaian pembelajaran, yang disesuaikan dengan visi dan misi Jurusan Psikologi. Ketua, Anggota 1-5
b Memetakan kompetensi dosen dalam kaitannya dengan pengampu mata kuliah, penyusunan RPS, dan Penanggung Jawab Mata Kuliah. Ketua, Anggota 1, 4
c Merancang kurikulum pembelajaran Jurusan Psikologi tahun 2019 -2022 Ketua, Anggota 2, 3
d Merumuskan sistem asesmen yang objektif sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan. Ketua, Anggota 4, 5
2 Mengevaluasi:
a Melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang berjalan, termasuk mengevaluasi kesesuaian RPS dengan jalannya perkuliahan. Ketua, Anggota 1, 5
b Melaksanakan evaluasi kurikulum sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Ristek Dikti, Universitas, dan Fakultas. Ketua, Anggota 1 - 5
3 Mengembangkan:
a Penyesuaian capaian pembelajaran dengan kebutuhan akan lulusan Psikologi dalam dunia kerja. Ketua, Anggota 2, 3
Pemantau Tugas Akhir
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
TUGAS AKHIR 1 Menjabarkan mekanisme kegiatan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
2 Melakukan sosialisasi mekanisme PKN dan Skripsi.
3 Memonitor pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
4 Mengevaluasi pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
5 Menyampaikan laporan pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua 1 Menjabarkan mekanisme dan mengkoordinasikan sosialisasi mekanisme PKN dan Skripsi.
2 Mengkoordinasikan pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
3 Mengkoordinasikan evaluasi pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
4 Mengkoordinasikan mekanisme percepatan studi.
b. Anggota 1 1 Membantu Ketua Tim TATS dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Skripsi.
2 Menyusun basis data kuota pembimbing dan penguji Skripsi.
3 Menyusun basis data status mahasiswa berdasarkan kemajuan Skripsi.
c. Anggota 2 1 Membantu Ketua Tim TATS hal dalam sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan PKN.
2 Menyusun basis data kuota pembimbing dan penguji PKN.
3 Menyusun basis data status mahasiswa berdasarkan kemajuan PKN.
d. Anggota 3 1 Membantu Ketua Tim TATS dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Tracer Study.
2 Menyusun basis data alumni.
3 Merumuskan bentuk kegiatan kolaborasi antara Jurusan dengan IKA Psikologi UB
Laboratorium
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
LABORATORIUM 1 Menjabarkan mekanisme kegiatan Laboratorium.
2 Menyusun dan melakukan sosialisasi mekanisme penggunaan Laboratorium.
3 Memonitor pelaksanaan kegiatan Laboratorium.
4 Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Laboratoium.
5 Menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Laboratorium secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua 1 Menyusun timeline kegiatan Laboratorium.
2 Mengkoordinasikan, mengatur, dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3 Menyusun rencana kebutuhan asisten praktikum dan menyelenggarakan proses rekruitmen dan seleksi asisten praktikum.
4 Sinkronisasi rencana pelaksanaan praktikum dengan dosen pengampu matakuliah berpraktikum setiap awal semester.
5 Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan peralatan dan ruangan laboratorium.
6 Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium.
7 Menyusun laporan kegiatan dan laporan keuangan laboratorium secara periodik dan melaporkan kepada Ketua Jurusan.
8 Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan praktikum.
b.Laboran 1 Membantu Ketua Laboaratorium dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Laboratorium.
2 Mengatur jadwal dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk pratikum, berkoordinasi dengan asisten praktikum dan dosen pengampu matakuliah berpraktikum.
3 Membantu menyelenggarakan proses rekruitmen dan seleksi asisten praktikum.
4 Memonitor pelaksanaan praktikum dan melaporkan kepada ketua laboratorium.
5 Mengontrol persyaratan atas permintaan pemakaian laboratorium sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
6 Membantu (memberikan masukan kepada Ketua Laboratorium) berkaitan dengan rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium.
7 Memberikan layanan penggunaan Laboratorium bagi mahasiswa dan dosen.
8 Mengecek peralatan Laboratorium setiap hari dan berkala dilaporkan ke Ketua Laboratorium.
9 Bertanggung jawab terhadap inventaris alat laboratorium.
Koord. Umum dan Keuangan
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
UMUM DAN KEUANGAN 1 Membantu Ketua/Sekretaris Jurusan mengelola dana Jurusan.
  2 Melakukan monev bidang umum dan keuangan Jurusan.
  3 Melakukan pencatatan barang habis pakai Jurusan
  4 Melakukan pendataan barang inventaris Jurusan.
  5 Melaporkan kepada Ketua Jurusan tentang kerusakan.
  6 Melakukan Pengajuan kebutuhan barang habis pakai dan barang lainnya ke Ketua Jurusan.
Tracer Study
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
TRACER STUDY 1 Mengatur proses administrasi berkaitan alumni dan tracer study.
  2 Pengelolaan website serta update data alumni dan tracer study.
  3 Mendokumentasikan seluruh proses kegiatan tracer study dan alumni.
  4 Berkoordinasi dengan pengurus alumni terkait tracer study.
  5 Melakukan urusan administrasi yang diperlukan.
  6 Berkoordinasi dengan UPPTI UB berkaitan dengan pengelolaan website.
  7 pencatatan penerimaan data alumni dan salon alumni
Kemahasiswaan
Bidang Kerja No Tugas Pokok dan Fungsi
KEMAHASISWAAN 1 Membantu Ketua Jurusan mengkoordinir kegiatan akademik dan eksternal mahasiswa.
  2 Membantu   Ketua Jurusan melakukan evaluasi kegiatan akademik dan eksternal mahasiswa.
  3 Membantu Ketua Jurusan melakukan   pembinaan dalam kegiatan akademik dan eksternal mahasiswa.
  4 Membantu Ketua Jurusan memberikan motivasi dan melaksanakan proses perencanaan kegiatan akademik dan eksternal mahasiswa.
  5 Membantu Ketua Jurusan melakukan monitoring kegiatan akademik dan eksternal mahasiswa.
  6 Melaporkan kepada Ketua Jurusan hasil evaluasi, monitoring dan pembinaan kegiatan terkait dengan akademik dan kegiatan eksternal mahasiswa.
Scroll to Top