Profil Lulusan Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Tahun 2014.
Profil Lulusan Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana yang bergelar Sarjana Psikologi (S.Psi.) dapat bekerja sebagai:
- Asisten Psikolog
- Staf atau Manajer di Bidang Sumber Daya Manusia
- Staf Konsultan di Bidang Psikologi
- Pengajar
- Konselor
- Perancang dan Fasilitator Pengembangan Komunitas
- Asisten Peneliti
- Fasilitator dan Motivator dalam Program Pelatihan
- Administrator Tes Psikologi
- Pelaku Usaha Mandiri
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Tahun 2014.
Sikap (S)
S1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum (KU)
KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus (KK)
KK1. Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
KK2. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik.
KK3. Mampu menganalisis persoalan psikologis nonklinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.
KK4. Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoretis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
KK5. Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat.
KK6. Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab.
KK7. Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik.
KK8. Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development).
KK9. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
Pengetahuan (P)
P1. Menguasai konsep teoretis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), serta sejarah dan aliran-aliran dalam psikologi.
P2. Menguasai konsep teoretis tentang pengaruh otak dan sistem saraf terhadap perilaku.
P3. Menguasai konsep teoretis tentang proses belajar.
P4. Menguasai teori-teori kepribadian.
P5. Menguasai konsep teoretis tentang perkembangan manusia dari konsepsi sampai usia lanjut.
P6. Menguasai konsep teoretis tentang kesehatan mental dan psikopatologi.
P7. Menguasai konsep teoretis hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya.
P8. Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi.
P9. Menguasai teknik-teknik statistika dasar dan metodologi penelitian dasar.
P10. Menguasai tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri.
P11. Menguasai konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, dan teknik interview, teknik observasi, serta konsep teoretis yang mendasari tes psikologi.
P12. Menguasai dasar-dasar konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan psikoterapi.
P13. Menguasai konsep teoretik komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa.
P14. Menguasai prinsip-prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental.
P15. Menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA).
P16. Menguasai Prinsip Etika Profesi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
P17. Menguasai konsep teoretik tentang pengembangan diri dan karir.
Wajib Nasional
Semester Ganjil
1 | MPK4001 | Pendidikan Agama Islam* | 2 | 0 | 2 | WN | |
MPK4002 | Pendidikan Agama Katolik* | 2 | 0 | 2 | WN | ||
MPK4003 | Pendidikan Agama Protestan* | 2 | 0 | 2 | WN | ||
MPK4004 | Pendidikan Agama Hindu* | 2 | 0 | 2 | WN | ||
MPK4005 | Pendidikan Agama Budha* | 2 | 0 | 2 | WN | ||
2 | MPK4006 | Pendidikan Pancasila | 2 | 0 | 2 | WN | |
Jumlah | 4 | 0 | 4 |
Semester Genap
1 | MPK4007 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 0 | 2 | WN | |
2 | MPK4008 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 2 | WN | |
Jumlah | 4 | 0 | 4 |
*K, Pr, J adalah jumlah SKS
Wajib Universitas
Semester Ganjil
1 | UBU4001 | Bahasa Inggris | 2 | 1 | 3 | WU | |
2 | UBU4005 | Praktik Kerja Nyata | 0 | 3 | 3 | WU | 100 SKS |
3 | UBU4007 | Skripsi | 6 | 0 | 6 | WU | 110 SKS |
Jumlah | 8 | 4 | 12 |
Semester Genap
1 | UBU4002 | Kewirausahaan | 3 | 0 | 3 | WU | |
2 | UBU4005 | Praktik Kerja Nyata | 0 | 3 | 3 | WU | 100 SKS |
3 | UBU4007 | Skripsi | 6 | 0 | 6 | WU | 110 SKS |
Jumlah | 9 | 3 | 12 |
*K, Pr, J adalah jumlah SKS
Wajib Fakultas
Semester Ganjil
1 | FAK0001 | Pengantar Sosiologi | 3 | 0 | 3 | WF | |
2 | FAK0003 | Filsafat Ilmu dan Dasar-dasar Logika | 3 | 0 | 3 | WF | |
3 | FAK0006 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 3 | 0 | 3 | WF | |
Jumlah | 9 | 0 | 9 |
Semester Genap
1 | FAK0002 | Pengantar Ilmu Politik | 3 | 0 | 3 | WF | |
2 | FAK0004 | Sistem Hukum Indonesia | 2 | 0 | 2 | WF | |
3 | FAK0005 | Sistem Ekonomi Indonesia | 2 | 0 | 2 | WF | |
4 | FAK0007 | Metode Penelitian Sosial | 3 | 1 | 4 | WF | |
Jumlah | 10 | 1 | 11 |
*K, Pr, J adalah jumlah SKS
Wajib Program Studi
Semester Ganjil
1 | PSI1101 | Pengantar Psikologi | 4 | 0 | 4 | WP | |
2 | PSI1102 | Psikologi Sosial | 5 | 0 | 5 | WP | |
3 | PSI1103 | Biopsikologi | 2 | 0 | 2 | WP | |
4 | PSI1306 | Statistik Psikologi | 2 | 1 | 3 | WP | |
5 | PSI1307 | Psikodiagnostik 1 | 4 | 2 | 6 | WP | |
6 | PSI1308 | Psikologi Pendidikan | 3 | 0 | 3 | WP | |
7 | PSI1309 | Psikologi Klinis | 3 | 0 | 3 | WP | |
8 | PSI1310 | Psikologi Industri dan Organisasi | 3 | 0 | 3 | WP | |
9 | PSI1117 | Psikologi Eksperimen | 2 | 1 | 3 | WP | |
10 | PSI1118 | Psikologi Kelompok | 4 | 0 | 4 | WP | |
11 | PSI1119 | Konseling dan Psikoterapi | 3 | 2 | 5 | WP | |
12 | PSI1120 | Konstruksi Alat Ukur | 4 | 2 | 6 | WP | |
13 | PSI1121 | Kesehatan Mental | 2 | 0 | 2 | WP | |
Jumlah | 40 | 8 | 48 |
Semester Genap
1 | PSI1204 | Psikologi Kepribadian | 4 | 0 | 4 | WP | |
2 | PSI1205 | Psikologi Perkembangan | 5 | 0 | 5 | WP | |
3 | PSI1411 | Metode Penelitian Kualitatif | 2 | 1 | 3 | WP | |
4 | PSI1412 | Anak Berkebutuhan Khusus | 3 | 0 | 3 | WP | |
5 | PSI1413 | Psikologi Anak Usia Dini | 3 | 0 | 3 | WP | |
6 | PSI1414 | Psikologi Belajar dan Modifikasi Perilaku | 4 | 0 | 4 | WP | |
7 | PSI1415 | Psikologi Abnormal | 3 | 0 | 3 | WP | |
8 | PSI1416 | Psikodiagnostik 2 | 3 | 2 | 5 | WP | |
9 | PSI1122 | Kode Etik Psikologi | 1 | 0 | 1 | WP | |
10 | PSI1123 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 1 | 1 | 2 | WP | |
11 | PSI1124 | Pengembangan Karir | 2 | 0 | 2 | WP | |
12 | PSI1125 | Intervensi Psikologis | 4 | 2 | 6 | WP | |
13 | PSI1126 | PSDM | 2 | 0 | 2 | WP | |
Jumlah | 37 | 6 | 43 |
*K, Pr, J adalah jumlah SKS
Pilihan Bebas
Semester Ganjil
1 | PSI0002 | Psikologi Kesehatan* | 2 | 0 | 2 | PB | |
2 | PSI0003 | Penyimpangan Perkembangan Anak dan Remaja* | 2 | 0 | 2 | PB | |
3 | PSI0004 | Psikologi Bermain* | 2 | 0 | 2 | PB | |
4 | PSI0005 | Psikologi Personel* | 2 | 0 | 2 | PB | |
5 | PSI0006 | Assesment Psikologi Pendidikan* | 2 | 0 | 2 | PB | |
Jumlah | 10 | 0 | 10 |
Semester Genap
1 | PSI0007 | Psikologi Keluarga* | 2 | 0 | 2 | PB | |
2 | PSI0008 | Psikologi Organisasi* | 2 | 0 | 2 | PB | |
3 | PSI0009 | Psikologi Konsumen* | 2 | 0 | 2 | PB | |
4 | PSI0010 | Pendidikan Individu Berkebutuhan Khusus* | 2 | 0 | 2 | PB | |
5 | PSI0011 | Bimbingan dan Konseling Sekolah* | 2 | 0 | 2 | PB | |
6 | PSI0012 | Psikologi Politik* | 2 | 0 | 2 | PB | |
7 | PSI0013 | Psikologi Lingkungan* | 2 | 0 | 2 | PB | |
8 | PSI0014 | Psikologi Lintas Budaya* | 2 | 0 | 2 | PB | |
Jumlah | 16 | 0 | 16 |
*K, Pr, J adalah jumlah SKS