Kuliah Tamu Literasi Teknologi dan Informasi

Universitas Brawijaya merupakan salah satu kampus inklusi di Indonesia. Dengan demikian, proses pembelajaran perlu diakses oleh semua kalangan, termasuk individu disabilitas. Jurusan Psikologi pada hari Senin, 1 November 2021 mengadakan kuliah tamu dengan tema “Pengenalan assistive technology sebagai pendukung di berbagai media pembelajaran”. Adapun pemateri kegiatan ini yaitu Mahalli, S.Sos yang merupakan researcher & Communication Officer, AIDRAN (Australia-Indonesia Disability Research and Advocacy Network).

Acara ini dihadiri oleh hampir 240 mahasiswa Psikologi, Angkatan 2021 yang mengikuti mata kuliah Literasi Teknologi dan Informasi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya diperkenalkan dalam membuat karya ilmiah melalui blog, poster dan video namun juga dengan menggunakan assistive technology dalam pembuatannya sehingga karya ilmiah yang disusun dapat diakses oleh semua kalangan. Kak Mahalli menjelaskan bahwa asisstive technology sebagai salah satu alat untuk membantu semua media terjangkau oleh kelompok disabilitas. Asisstive technology merupakan perangkat lunak yang memang sengaja dibuat untuk kondisi tertentu sesuai kebutuhan individu disabilitas. Misalnya, kursi roda, subtitle/caption, audio description, kaca pembesar, tongkat, pembaca teks, dll. Digunakan sesuai fungsinya. Terkadang tidak berfungsi jika tidak ada kesadaran dan penyesuaian. Misalnya kursi roda, membantu individu disabilitas, namun perlu didukung dengan Gedung yang aksesibel. Oleh sebab itu, perlu menciptakan lingkungan yang sesuai agar lebih aksesibel.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa berperan untuk membangun lingkungan yang aksesibel bagi individu disabilitas, dengan membuat diseminasi ilmiah di berbagai media pembelajaran dengan menggunakan bantuan assistive technology.

Scroll to Top