Studi Tolok Ukur (Benchmarking) Universitas Indonesia

Studi Tolok Ukur (Benchmarking) Bersama Universitas Indonesia

Peningkatan Kualitas Tata Kelola Kinerja Organisasi Tim Pemantau Tugas Akhir dan Kapasitas Mahasiswa Tingkat Akhir melalui Studi Tolok Ukur

 

Tim Pemantau Tugas Akhir memilik tugas untuk melakukan pemantauan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PKM) dan skripsi merupakan tugas akhir yang merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa di jenjang strata 1. Masih banyak kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses penyelesaian PKM maupun skripsi. Berbagai upaya dilakukan Jurusan Psikologi FISIP – UB agar mahasiswa dapat menyelesaikan masa studinya dengan tepat waktu namun dirasakan masih membutuhkan pembenahan dan peningkatan kualitas tata kelola kinerja organisasi dan kapasitas mahasiswa tingkat akhir sehingga dapat bersama-sama membantu mendukung percepatan penyelesaiannya. Salah satu upaya untuk terus mengembangkan diri salah satunya adalah dengan belajar manajerial organisasi, penelitian dan pengabdian masyarakat dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Studi banding dilakukan untuk mempelajari sistem tata kelola kinerja organisasi Tim Pemantau Tugas Akhir maupun penelitian, pengabdian masyarakat oleh mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Kegiatan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Kinerja Organisasi Tim Pemantau Tugas Akhir dan Kapasitas Mahasiswa Tingkat Akhir melalui Studi Tolok Ukur  dilaksanakan pada hari Kamis, 22 April 2021, pukul 10.00 – 12.00 WIB, dilaksanakan secara daring melalui video conference Zoom Meeting Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang. Kegiatan dihadiri oleh pihak Jurusan Psikologi UB diwakili oleh Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Psikologi UB, Ketua Program Studi Psikologi UB, Seluruh tim Pemantau Tugas Akhir. Perwakilan dari Unit Jaminan Mutu, serta tim Monitoring dan Evaluasi (MONEV) serta perwakilan dari UI diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Manajer Pendidikan dan kKemahasiswaan, Ketua Program Studi Sarjana Psikologi, serta Sekretaris Program Studi Sarjana Psikologi. Studi tolok ukur menghasilkan  pemahaman perbedaan penanganan dan sistem penelitian serta PKM mahasiswa, perbedaan sistem penilaian dalam ujian skripsi, pentingnya kualitas hubungan dosen pembimbing akademik dan mahasiswa untuk mengantisipasi permasalahan mahasiswa maupun permasalahan pengerjaan PKM dan skripsi, serta memanfaatkan peer counseling dalam penanganan maupun antisipasi permasalahan mahasiswa dengan melibatkan kakak tingkat.

Hasil Studi Tolok Ukur  secara keseluruhan meski sistem maupun proses pengerjaan dan pembimbingan PKM dan Skripsi berbeda namun mampu membuka pemahaman jurusan psikologi dalam melakukan perbaikan dan penyesuaian dalam meningkatkan kualitas tata kelola kinerja organisasi Tim Pemantau Tugas Akhir dan Kapasistas Mahasiswa Tingkat Akhir.

 

Scroll to Top