KJF Kesehatan Mental Talkshow Seri 2

THE RIGHT WEIGHT TO BE ATTRACTIVE: CANTIK DAN SEHAT PERSPEKTIF PSIKOLOGI

Siapa sih yang tidak mau tampil cantik? Lalu standar kecantikan seperti apa?

Di era industry 4.0 misalnya yang menggeser standar kecantikan pada definisi baru. Teknologi yang berevolusi membuat dunia kecantikan dan estetika ikut terseret arus transformasi yang dikenal dengan istilah BEAUTY 4.0. Pada beauty 4.0 standar kecantikan bertambah dengan adanya pengaruh dari perkembangan teknologi digital, terutama media social. Pada era ini, standar kecantikan ditentukan oleh perkembangan dan pendapat yang ada di media social atau komentar dari netizen. Hal ini yang menjadikan banyak sekali cyber bullying terjadi saat ini.

Bermula dari permasalahan tersebut, kelompok Jabatan Fungsional (KLF) Kesehatan Mental mengadakan talkshow seri 2 dengan tema “The right weight to be attractive: cantik dan sehat perspektif psikologi”. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 24 april 2021 melalui zoom meeting dan dihadiri oleh sejumlah 70 peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Acara ini menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli di bidangnya yaitu dr. Sumi Lestari, S.Psi., M.Si yang telah berkompeten dalam bidang psikologi kecantikan, kemudian Yunita Kurniawati, S.Psi., M.Psi, Psikolog yang berkompeten dalam psikologi kesehatan, serta peneliti dan juga merupakan alumni psikologi UB yaitu Purnama Miftahqul Rizqi, S.Psi. Acara ini dipandu oleh Kak Afrida Maratus Sholiha, S.Psi yang juga merupakan alumni dari Psikologi UB.

Melalui acara ini, peserta memahami bahwa body shaming dan bullying itu tidak hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga pada pria. Terutama pada rentang usia remaja dan dewasa awal. Individu harus mengubah mindset kita yang biasanya negative thinking menjadi positive thinking agar lebih menghargai dan mensyukuri apa yang ada pada diri kita sendiri. Cantik secara fisik tetap tidak akan dapat bertahan lebih lama seiring dengan usia yang terus bertambah, namun kecantikan dari dalam diri akan semakin matang seiring waktu. Be yourself!

Rangkaian acara dapat dilihat melalui video berikut: https://youtu.be/4B9HwxQy4dU

Scroll to Top