Kuliah Tamu “Mengupas Gerakan Mahasiswa dengan Perspektif Psikologi”

[vc_row][vc_column][vc_gallery interval=”3″ images=”7855,7847,7848,7849,7850,7851,7852,7853,7854″ img_size=”full”][vc_column_text]Bulan September lalu masyarakat Indonesia dihadapkan pada situasi mahasiswa yang mengadakan unjuk rasa besar-besaran di depan Gedung DPR/MPR. Mahasiswa berunjuk rasa untuk menentang upaya pelemahan KPK. Setelah sekian lama mahasiswa tidak terdengar “kabarnya”, kini mahasiswa muncul dengan gerakan masif namun berlangsung cepat. Fenomena ini mengingatkan kembali posisi mahasiswa sebagai agent of change yang memperjuangkan isu-isu kerakyatan.

Melihat situasi ini, kelompok dosen psikologi sosial mengadakan kuliah tamu yang bertema “Mengupas Gerakan Mahasiswa Dengan Perspektif Psikologi” yang menghadirkan narasumber Dr. Andik Matulessy, Psikolog dengan moderator Ali Mashuri.,S.Psi.,M.Sc.,Ph.D. Pada kesempatan kuliah tamu ini, kurang lebih 150 mahasiswa hadir berdiskusi bersama dengan pakar psikologi sosial ini.

Dalam materinya, narasumber menggarisbawahi adanya perbedaan fenomena gerakan mahasiswa sebagai bagian dari partisipasi politik yang terjadi pada tahun 1998 dan tahun 2019 yang lalu. Partisipasi politik sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang secara signifikan mempengaruhi kebijakan publik atau tindakan pemerintah, termasuk partisipasi dalam politik wacana, proses pemilu dan aksi masyarakat.

Penyampaian tersebut menunjukkan bahwa gerakan sosial (dalam hal ini adalah unjuk rasa) merupakan salah satu bentuk tindakan yang bersifat kolektif dengan ciri antara lain terorganisir, dibuat dengan sengaja, bertujuan tertentu, berjangka waktu lama, dan dalam bentuk kerumunan sebagai bentuk protes. Pada akhir penjelasannya, pemateri juga menguraikan faktor-faktor penyebab gerakan mahasiswa seperti adanya ketidakpuasan atas kekurangan kelompok (relative deprivation), kepercayaan politik (political trust), dan adanya perasaan bahwa tindakan politik (partisipasi politik) seseorang dapat memiliki dampak terhadap proses politik (political efficacy).

Hari / Tanggal   : Selasa / 19 November 2019

Waktu               : 08.00 WIB – selesai

Tempat             : Gedung C Lt. 3  FISIP UB

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Scroll to Top