Audit Internal Mutu Unit Kerja Akademik Siklus 17

[vc_row][vc_column][vc_gallery interval=”3″ images=”6673″ img_size=”full”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Pada tanggal 19 Oktober 2018, Jurusan dan Program Studi S1 Psikologi FISIP UB menerima visitasi auditor-auditor internal Universitas yang dikoordinasi dari Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas. Visitasi yang dilaksanakan di Jurusan Psikologi FISIP tersebut berlangsung dari pukul 13.30 hingga 16.30 WIB bertempat di Gedung A FISIP, Lantai 4, Ruang Rapat Jurusan Psikologi. Ibu Risna Wijayanti, S.E., M.M., Ph.D.  dan  ibu Dr. Ir. Hartati Kartikaningsih, , M.Si. adalah auditor internal untuk Jurusan Psikologi. Sedangkan Bapak Arif Rahman, S.T., M.T. dan ibu Nur Baladina, S.P., M.P. bertugas mengaudit Program Studi S1 Psikologi.

Sejak tahun 2007, Universitas Brawijaya (UB) telah menyelenggarakan evaluasi internal untuk semua unit kerja, baik unit kerja akademik (UKPA) maupun non akademik atau supporting units (UKPPA). Kegiatan tersebut bertujuan  mengendalikan capaian mutu penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, serta membangun budaya mutu melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan AIM untuk Unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA) tahun ini merupakan siklus ke-17 yang diperuntukkan bagi auditees tingkat fakultas, jurusan, program studi (prodi) dan laboratorium. Lingkup AIM UKPA Siklus 17 Tahun 2018 ditetapkan oleh Rektor UB berbeda-beda untuk tiap level unit.

Jurusan Psikologi FISIP UB adalah unit yang masuk kategori resiko tinggi dan harus diaudit oleh auditor internal universitas dan dikoordinir Pusat Jaminan Mutu (PJM).  Hal ini karena Psikologi termasuk jurusan yang memiliki program studi terakreditasi “B”. Kegiatan audit oleh PJM dilakukan melalui dua tahapan, yaitu desk evaluation dan site visit.

Seperti AIM sebelumnya, instrumen AIM UKPA Siklus 17 disusun oleh PJM dimana instrumen tersebut berbeda-beda untuk tiap level unit. Dokumen-dokumen sebagai instrument audit yang telah dipersiapkan dan diperiksa pada desk evaluation dan site visit adalah Tindak lanjut Temuan AIM Sebelumnya, Tinjauan Manajemen (TM), Konversi Dokumen SPMI (Manual Mutu) dan Konversi SOP sesuai Permenpan-RB 35/2015. Para auditor selain memeriksa capaian dan luaran Jurusan dan Program Studi S1 Psikologi, juga memberikan masukan berharga untuk pengembangan unit kerja.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Scroll to Top