Seminar Etika Penulisan Karya Ilmiah 1st Session Tahun 2018

[vc_row][vc_column][vc_gallery interval=”3″ images=”5812,5813,5814,5815,5816,5817,5818,5819,5820″ img_size=”full”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Karya ilmiah adalah laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dihasilkan seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah-kaidah dan etika keilmuan yang harus ditaati masyarakat keilmuan. Namun cukup banyak permasalahan terjadi dalam kaitannya dengan pemenuhan kaidah dan etika penulisannya, salah satunya adalah plagiarisme. Plagiarisme adalah  penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, atau hasil penelitian, baik sebagian atau seluruhnya, baik sengaja maupun tidak, dari karya oranglain dan menjadikannya seolah karya sendiri. Plagiarisme/ pencurian gagasan yang terjadi di ranah akademis merupakan suatu tindak kejahatan. Kejahatan tersebut menyebabkan kredibilitas seorang ilmuan runtuh. Sehingga hal tersebut mendorong pemerintah untuk berupaya memberi perlindungan kepada para akademisi dari ancaman pencurian gagasan yang tertuang dalam Peraturan No.17 Tahun 2010. Peraturan tersebut ditindaklanjuti oleh Universitas Brawijaya, dan lebih lanjut oleh FISIP UB dengan mengesahkan aturan tentang plagiasi di Tahun 2018. Peraturan-peraturan tersebut dirancang untuk mencegah kejadian pelanggaran etika penulisan karya ilmiah di lingkungan FISIP UB.

Pada jenjang S1, karya ilmiah salah satunya dihasilkan mahasiswa dalam bentuk tugas akhir yang disebut sebagai skripsi. Dalam rangka mengedukasi mahasiswa akan pentingnya memperhatikan etika penulisan karya ilmiah ketika menyusun skripsi, dan mencegah terjadinya plagiarisme, Unit Pemantau Tugas Akhir mahasiswa Jurusan Psikologi – FISIP UB menginisiasi kegiatan melalui Seminar Etika Penulisan Karya Ilmiah bagi mahasiswa tingkat akhir.

Kegiatan Seminar tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Februari 2018. Bertempat di Auditorium Nuswantara FISIP UB. Narasumber  dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Lusy Asa Akhrani, S.Psi., M.Psi. T (Dosen Jurusan Psikologi UB) dan Indhar Wahyu Wira Harjo, S.Sos., M.A. (Dosen FISIP sekaligus Ketua Laboratorium Komputer FISIP UB). Narasumber pertama menyampaikan mengenai konsep plagiarisme dan tata cara penulisan karya ilmiah untuk mencegah plagiarisme. Narasumber kedua memaparkan mengenai kunci kebijakan penulisan karya tulis ilmiah di lingkungan FISIP UB. Selain itu, narasumber juga menjelaskan tentang alur pengecekan karya ilmiah di laboratorium computer, sebelum draft laporan tersebut diujikan dalam ujian skripsi. Pemaparan mengenai bentuk-bentuk kecurangan dalam menulis tugas akhir, memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang pencegahannya. Kegiatan ini dihadiri oleh tim pemantau tugas akhir dan pengelola jurusan, serta 90 orang peserta mahasiswa FISIP.

Kegiatan Seminar ini merupakan kegiatan pertama, yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan rutin pada setiap semester ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Melalui kegiatan ini diharapkan civitas academica  mengetahui mengenai plagiarisme, tata cara mencegah terjadinya plagiarisme dalam menyusun tugas akhir, serta dapat memanfaatkan keberadaan laboratorium computer dalam upaya untuk membantu pengecekan plagiasi karya ilmiah.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Scroll to Top