PROFIL PUSAT KAJIAN PSIKOLOGI TERAPAN (PKPT)

Pusat Kajian Psikologi Terapan (PKPT) merupakan unit kajian dan aplikasi keahlian di bidang psikologi yang dimiliki Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya. PKPT mulai berdiri sejak tahun 2010, dengan nama Pusat Studi Psikologi Terapan (PSPT) yang berada dibawah Program Studi Psikologi UB. Untuk memperkuat struktur kelembagaan, pada tahun 2015 PSPT berubah nama menjadi Pusat Kajian Psikologi Terapan (PKPT). Sejak tahun 2017, secara struktural organisasi, PKPT berada dibawah Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP2M) FISIP UB. Dalam rangka optimalisasi kualitas layanan dimasing-masing bidang psikologi, pada tahun 2017 PKPT membuat diversifikasi bidang layanan menjadi 3 divisi, yaitu (1) Asesmen dan Pelatihan (2) Konseling dan Psikoedukasi, serta (3) Pengembangan Komunitas.

Divisi asesmen dan Pelatihan merupakan divisi yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi. Beberapa jasa layanan yang diberikan adalah asesmen psikologis untuk keperluan seleksi, promosi, potential review, maupun talent mapping. Selain itu divisi Asesmen dan Pelatihan juga menyediakan layanan pelatihan, analisis jabatan, analisis beban kerja, penyusunan standar kompetensi dan konsultasi karir umum.

Divisi konseling dan psikoedukasi merupakan divisi yang berfokus pada pemberian layanan konseling dan psikoedukasi dalam bidang klinis, pendidikan, maupun perkembangan. Termasuk juga layanan diagnosa keterlambatan atau ganggung perkembangan, diagnosa gangguan belajar, atau tes intelegensi untuk keperluan penjurusan sekolah.

Divisi pengembangan komunitas berfokus pada intervensi non-klinis untuk pengembangan dan pemberdayaan komunitas.

 

Untuk layanan lebih lanjut mengenai layanan PKPT dapat menghubungi:

0812-2938-4560

0857-5286-2344

0852-3428-2828