JURUSAN PSIKOLOGI

Ketua

  • Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

Sekretaris 

  • Ika Herani, S.Psi., M.Si., Psikolog

Administrasi 

  • Nurul Qomariyah, S.Psi.
  • Dony Prabowo, S.T.
  • Hanik Fii Jannatin Aliyah, S.E.

UNIT JAMINAN MUTU (UJM)

Ketua 

  • Unita Werdi Rahajeng, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Sekretaris 

  • Ratri Nurwanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Anggota 

  • Dian Putri Permatasari, S.Psi., M.Si.
  • Ika Fitria, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • Ridwan Aji Budi Prasetyo, S.Psi., M.Sc.
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL DOSEN (KJFD)

Koordinator RIP Unggulan Psikologi: Disabilitas dan Kesehatan Mental

  • Ari Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Koordinator RIP Rintisan Psikologi: Good Governance, Agroforestry, dan Ketahanan Energi

  • Dr. Intan Rahmawati, S.Psi. M.Si.

PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI

Ketua

  • Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

TIM KURIKULUM

Ketua

  • Sukaesi Marianti, S.Psi., M.Si., Ph.D.

Anggota

  • Yunita Kurniawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • Nur Hasanah, S.Psi., M.Si.
  • Ari Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • Faizah, S.Psi., M.Psi.
  • Yunda Megawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog

TIM PEMANTAU TUGAS AKHIR

Ketua

  • Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi, Psikolog

Anggota

  • Yuliezar Perwira Dara, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • Dita Rachmayani, S.Psi., M.A.
  • Thoyyibatus Sarirah, S.Psi., M.Si.
  • Dr. Lusy Asa Akhrani, S.Psi., M.Psi.T.
  • Ilhamuddin, S.Psi., M.A.
  • Sukma Nurmala, S.Psi., M.Si.

LABORATORIUM PSIKOLOGI

Ketua

  • Selly Dian Widyasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Laboran

  • Agustina Santi, S.Psi., Psikolog

PUSAT KAJIAN PSIKOLOGI TERAPAN (PKPT)

Ketua 

  • Selly Dian Widyasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Tugas Pokok dan Fungsi

Bidang KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
JURUSAN1Menjalankan kebijakan akademik dan standar mutu pendidikan yang ditetapkan Fakultas.
2Menyusun rencana kegiatan atau program kerja Jurusan.
3Mengkoordinasikan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Jurusan.
4Melaksanakan pengembangan Jurusan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
5Mengembangkan hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder).
6Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar di tingkat Jurusan.
7Melaksanakan kegiatan administratif dan kesekretariatan Jurusan (pengelolaan dana).
8Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan Jurusan.
9Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian.
10Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Jurusan.
11Mengkoordinasikan kegiatan laboratorium di lingkungan Jurusan.
12Mengkoordinasikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan dan atau Kuliah Kerja Nyata mahasiswa.
13Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Jurusan.
14Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Jurusan.
15Menyampaikan laporan kegiatan secara berkala kepada Dekan.
a. Ketua1Menyusun Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan.
2Menyusun rencana biaya operasional dan timeline kegiatan tahunan Jurusan.
3Mengkoordinasikan penyusunan laporan kegiatan Jurusan.
4Melaporkan capaian kinerja secara berkala kepada Dekan.
5Merumuskan pelaksanaan penjaminan mutu akademik dan proses bisnis Jurusan.
6Membuat analisis kebutuhan pengembangan SDM Jurusan.
7Mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Rencana Induk Penelitian Jurusan.
8Memonitor dan mengevaluasi perumusan kurikulum, kompetensi lulusan, dan RPS.
9Mengevaluasi beban tugas mengajar dosen setiap semester.
10Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan.
11Memonitor dan mengevaluasi mekanisme konsultasi dosen Penasihat Akademik, Pembimbing dan penguji Skripsi/PKN.
12Merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Jurusan.
13Mengembangkan hubungan baik dan kerja sama dengan pemangku kepentingan.
b. Sekretaris1Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan.
2Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan timeline kegiatan tahunan Jurusan.
3Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep penyusunan laporan kegiatan Jurusan.
4Mengkoordinasikan pembuatan Tinjauan Manajemen.
5Bersama UJM menyiapkan Audit Internal Mutu (AIM).
6Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana pengembangan SDM Jurusan.
7Menyusun basis data kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Jurusan.
8Melakukan dan mensosialisasikan plotting Penanggung Jawab Mata Kuliah.
9Melakukan dan mensosialisasikan plotting mengajar dosen tiap semester.
10Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian (verifikasi soal UTS/UAS, pengumpulan soal ujian, pengisian nilai).
11Melakukan dan mensosialisasikan plotting dosen Penasihat Akademik, Pembimbing dan penguji Skripsi/PKN.
Unit KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
ADMINISTRASI1Membantu proses plotting dosen setiap awal semester.
2Melakukan pelayanan administrasi Jurusan/Program Studi.
3Mengurus proses kegiatan Praktik Kerja Nyata (PKN) mahasiswa.
4Mengurus proses kegiatan skripsi mahasiswa.
5Mengurus proses kegiatan yudisium.
6Membantu proses pengajuan anggaran Jurusan (anggaran rutin bulanan dan anggaran praktikum mata kuliah).
7Melakukan administrasi pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir, ujian PKN, dan seminar proposal.
8Pengurusan dan pengarsiapan surat dan berkas-berkas Jurusan/Program Studi.
9Mengurus proses pelaksanaan rapat Jurusan/Program Studi.
10Membantu pengelolaan website Jurusan/Program Studi.
11Membantu menyediakan keperluan Jurusan/Program Studi (ATK dan lain-lain).
12Membantu pengelolaan ruang baca Jurusan/Program Studi.
Bidang KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
JAMINAN MUTU1Menjabarkan baku mutu pendidikan ke dalam dokumen-dokumen mutu akademik Jurusan/Program Studi.
2Memonitor implementasi penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi.
3Mengevaluasi penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi.
4Menyampaikan laporan pelaksanaan penjaminan mutu akademik Jurusan/Program Studi dan proses bisnis secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua1Menyusun dokumen spesifikasi Jurusan/Program Studi, Manual Mutu, dan Standard Operating Procedure (SOP).
2Melaksanakan koordinasi, pemantauan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota Unit Jaminan Mutu (UJM).
3Bertanggung jawab dalam kegiatan rutin Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).
4Melakukan koordinasi dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas.
5Penyiapan Audit Internal Mutu (AIM).
b. Sekretaris1Membantu Ketua UJM dalam menyusun dokumen spesifikasi Jurusan/Program Studi, Manual Mutu, dan SOP.
2Membantu Ketua UJM dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan.
3Melaksanaan surat menyurat yang berkaitan dengan UJM (sosialisasi dokumen mutu Jurusan Psikologi).
4Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi, dan rapat evaluasi kegiatan.
5Penyiapan Audit Internal Mutu (AIM).
c. Anggota 11Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis pendidikan seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis pendidikan.
3Membantu tugas-tugas terkait dengan pengelolaan keuangan internal di UJM.
4Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
d. Anggota 21Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis penelitian dan pengabdian seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis penelitian dan pengabdian.
3Membantu tugas-tugas terkait dengan pengarsipan dokumen hardfile di UJM.
4Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
e. Anggota 31Mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu terkait dengan proses bisnis manajerial/pelaksana pendukung seperti yang ditugaskan Ketua UJM.
2Membantu pengelolaan database UJM terkait dengan proses bisnis manajerial/pelaksana pendukung
3Membantu tugas-tugas terkait dengan pengarsipan dokumen softfile di UJM.
4Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UJM.
Bidang KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL DOSEN1Menjabarkan rencana induk penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam dokumen mutu dan rencana strategis Jurusan.
2Memonitor implementasi rencana penelitian dan pengabdian masyarakat Jurusan.
3Mengevaluasi rencana penelitian dan pengabdian masyarakat Jurusan.
4Menyampaikan laporan rencana induk penelitian dan pengabdian masyarakat secara periodik kepada Ketua Jurusan.
Bidang KerjaNoTugas Pokok dan FungsiPelaksana
KURIKULUM1Merumuskan
aMerumuskan capaian pembelajaran, yang disesuaikan dengan visi dan misi Jurusan Psikologi.Ketua, Anggota 1-5
bMemetakan kompetensi dosen dalam kaitannya dengan pengampu mata kuliah, penyusunan RPS, dan Penanggung Jawab Mata Kuliah.Ketua, Anggota 1, 4
cMerancang kurikulum pembelajaran Jurusan Psikologi tahun 2019 -2022Ketua, Anggota 2, 3
dMerumuskan sistem asesmen yang objektif sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan.Ketua, Anggota 4, 5
2Mengevaluasi:
aMelakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang berjalan, termasuk mengevaluasi kesesuaian RPS dengan jalannya perkuliahan.Ketua, Anggota 1, 5
bMelaksanakan evaluasi kurikulum sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Ristek Dikti, Universitas, dan Fakultas.Ketua, Anggota 1 - 5
3Mengembangkan:
aPenyesuaian capaian pembelajaran dengan kebutuhan akan lulusan Psikologi dalam dunia kerja.Ketua, Anggota 2, 3
Bidang KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
TUGAS AKHIR1Menjabarkan mekanisme kegiatan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
2Melakukan sosialisasi mekanisme PKN dan Skripsi.
3Memonitor pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
4Mengevaluasi pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
5Menyampaikan laporan pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua1Menjabarkan mekanisme dan mengkoordinasikan sosialisasi mekanisme PKN dan Skripsi.
2Mengkoordinasikan pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
3Mengkoordinasikan evaluasi pelaksanaan PKN, Skripsi, dan Tracer Study.
4Mengkoordinasikan mekanisme percepatan studi.
b. Anggota 11Membantu Ketua Tim TATS dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Skripsi.
2Menyusun basis data kuota pembimbing dan penguji Skripsi.
3Menyusun basis data status mahasiswa berdasarkan kemajuan Skripsi.
c. Anggota 21Membantu Ketua Tim TATS hal dalam sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan PKN.
2Menyusun basis data kuota pembimbing dan penguji PKN.
3Menyusun basis data status mahasiswa berdasarkan kemajuan PKN.
d. Anggota 31Membantu Ketua Tim TATS dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Tracer Study.
2Menyusun basis data alumni.
3Merumuskan bentuk kegiatan kolaborasi antara Jurusan dengan IKA Psikologi UB
Bidang KerjaNoTugas Pokok dan Fungsi
LABORATORIUM1Menjabarkan mekanisme kegiatan Laboratorium.
2Menyusun dan melakukan sosialisasi mekanisme penggunaan Laboratorium.
3Memonitor pelaksanaan kegiatan Laboratorium.
4Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Laboratoium.
5Menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Laboratorium secara periodik kepada Ketua Jurusan.
a. Ketua1Menyusun timeline kegiatan Laboratorium.
2Mengkoordinasikan, mengatur, dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3Menyusun rencana kebutuhan asisten praktikum dan menyelenggarakan proses rekruitmen dan seleksi asisten praktikum.
4Sinkronisasi rencana pelaksanaan praktikum dengan dosen pengampu matakuliah berpraktikum setiap awal semester.
5Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan peralatan dan ruangan laboratorium.
6Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium.
7Menyusun laporan kegiatan dan laporan keuangan laboratorium secara periodik dan melaporkan kepada Ketua Jurusan.
8Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan praktikum.
b.Laboran1Membantu Ketua Laboaratorium dalam hal sosialisasi mekanisme, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Laboratorium.
2Mengatur jadwal dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk pratikum, berkoordinasi dengan asisten praktikum dan dosen pengampu matakuliah berpraktikum.
3Membantu menyelenggarakan proses rekruitmen dan seleksi asisten praktikum.
4Memonitor pelaksanaan praktikum dan melaporkan kepada ketua laboratorium.
5Mengontrol persyaratan atas permintaan pemakaian laboratorium sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
6Membantu (memberikan masukan kepada Ketua Laboratorium) berkaitan dengan rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium.
7Memberikan layanan penggunaan Laboratorium bagi mahasiswa dan dosen.
8Mengecek peralatan Laboratorium setiap hari dan berkala dilaporkan ke Ketua Laboratorium.
9Bertanggung jawab terhadap inventaris alat laboratorium.