Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program studi ini dibuka pada tahun 2007 dan menerima mahasiswa sebanyak 68 orang sebagai angkatan pertama dari program studi psikologi Universitas Brawijaya.

Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya memiliki visi menjadi salah satu program studi Psikologi yang diakui di Asia pada tahun 2030 melalui tridarma perguruan tinggi yang berfokus pada kajian psikologis dalam konteks sosial masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi nilai integritas moral dan profesionalisme. Tercapainya visi dari Program Studi Psikologi berusaha diwiujudkan dengan menyelenggarakan pendidikan psikologi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki keterampilan intelektual dan praktis serta berjiwa entrepreneur. Selain itu mengembangkan sistem pembelajaran yang berbasis teknologi, mengembangkan penelitian yang berorientasi pada teknologi dan impilasinya terhadap individu dan masyarakat, serta menerapkan psikologi untuk memberdayakan individu dan masyarakat melalui teknologi.

Program Studi Psikologi memiliki 6 kajian bidang utama, yaitu :

  1. Psikologi Klinis
  2. Psikologi Industri dan Organisasi
  3. Psikologi Perkembangan
  4. Psikologi Sosial
  5. Psikologi Pendidikan
  6. Psikologi Umum dan Eksperimen.

Ke 6 kajian utama ini berisi dosen-dosen serta praktisi di bidang psikologi yang memiliki pengalaman serta memiliki reputasi di bidangnya masing-masing. Program Studi Psikologi memiliki 28 Dosen, 3 asisten dosen, 2 orang staf administrasi program studi,1 staff administrasi laboratorium, dan 20 asisten praktikum untuk menunjang proses belajar mengajar di Program Studi Psikologi.

Topik penelitian yang pernah dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa sangat beragam dan juga berusaha untuk menjawab permasalahan serta memberikan informasi baru untuk menjaga dan mencerdaskan masyarakat. Topik penelitian yang menjadi fokus dari masing-masing kajian utama meliputi Kecemasan, Kepribadian, konflik, optimism bias, self control, Human capital, konstruksi alat ukur psikologi, psikologi kesehatan, eksperimental psikologi, bullying, perilaku pro sosial, prejudice dan prasangka, cyber bullying, workplace bullying dan lain-lain.

Program Studi Psikologi Brawijaya memiliki motto Innovatif, Kreatif, dan Produktif sebagai semangat dan pengingat untuk seluruh civitas akademika Program Studi Psikologi Brawijaya agar selalu inovatif dan kreatif dalam menciptakan sesuatu yang bermakna dan bermanfaat di bidang riset dan juga pengabdian masyarakat, serta selalu produktif dalam menciptakan karya yang bisa menjadi rujukan dan kebanggaan program studi serta Indonesia. Selain itu yel-yel “Psiko Satu Kita Utuh” merupakan kata-kata pembakar dan juga penyatu bagi civitas akademika bahwa sekali menjadi bagian dari Psikologi Brawijaya selamanya menjadi bagian dari keluarga Psikologi Brawijaya.

Efek dari visi dan misi serta program pembelajaran di Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya membantu para alumni yang bekerja di berbagai sektor baik swasta maupun negeri, kemudian membantu alumni dalam meraih pendidikan serta mendapatkan beasiswa.