Kurikulum pendidikan tinggi (Program Studi Psikologi) adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum Profram Studi di Psikologi memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukungĀ  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi Psikologi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum Program Studi Psikologi dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danĀ keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi Program Studi S1 Psikologi

Kompetensi utama lulusan psikologi adalah sebagai ahli psikologi. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi utama yaitu ketrampilan intelektual dan ketrampilan praktis. Keterampilan intelektual meliputi pengetahuan dan pemahaman dalam

  1. Memahami dan mengetahui dengan baik bidang keahlian Psikologi
  2. Menganalisis fenomena individu maupun masyarakat dan memanfaatkan kaidah-kaidah Psikologi secara optimal baik dalam skala mikro maupun makro bagi pemberdayaan masyarakat
  3. Pengembangan penelitian di bidang Psikologi
  4. Memberikan penilaian terhadap beragam permasalahan yang berkembang dalam masyarakat dan sekaligus dapat memberikan solusi bagi penanganannya
  5. Metode-metode psikodiagnostik yang kompatibel untuk memecahkan masalah/kendala yang dihadapi individu maupun masyarakat Indonesia
  6. Menghormati perbedaan dan responsif terhadap issu-issu mutakhir dalam profesi, sosial, dan global
  7. Menghargai pendekatan interdisiplin dalam pengembangan ilmu

Keterampilan praktis, meliputi

  1. Mampu menjadi analis Psikologi
  2. Mampu berperan sebagai community leader
  3. Memiliki kemampuan sebagai tenaga edukatif/dosen
  4. Mampu merancang dan melakukan penelitian
  5. Mampu bekerja sebagai praktisi psikologi

Kompetensi pendukung lulusan adalah ketrampilan manajerial, meliputi

  1. Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam tim
  2. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan
  4. Memiliki jiwa entrepreneur
  5. Memiliki komitmen terhadap perbaikan kualitas, ketepatan waktu, perbaikan yang berkesinambungan dalam bidang-bidang sosial