Praktikum Aplikasi Program PsychoPy

Mahasiswa jurusan Psikologi FISIP UB peserta mata kuliah Psikologi Eksperimen semester Ganjil 2018/2019 telah melaksanakan praktikum aplikasi program PsychoPy dari tanggal 1 Oktober hingga 5 Oktober 2018. Kegiatan ini bertujuan memberi bekal kemampuan bagi mahasiswa untuk menyusun protokol/ prosedur ekpserimen secara lengkap, menyusun bentuk stimulus untuk menghadirkan manipulasi terhadap variabel independen, serta menyusun pengukuran perilaku dengan metode terkomputerisasi.

PsychoPy merupakan aplikasi open-source yang dapat digunakan peneliti untuk dapat mengembangkan dan melakukan berbagai macam jenis eksperimen dalam bidang neurosains, psikologi, dan psikofisika, dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. PsychoPy mengombinasikan kekuatan grafis dari OpenGL dengan sintaks sederhana dari Python untuk memberikan peneliti sebuah platform yang sederhana dan tidak berbayar untuk mengontrol dan mempresentasikan stimulus. PsychoPy telah digunakan banyak laboratorium di dunia untuk kepentingan riset eksperimental dalam psikofisika, neurosains kognitif, dan psikologi.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi PsychoPy ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sebanyak 199 mahasiswa dibagi ke dalam sesi-sesi yang terdiri dari 2 jam. Pemateri adalah Calvin Octavianus Anggono, S.Psi yang merupakan alumni jurusan Psikologi FISIP UB yang berpengalaman mengembangkan beberapa riset eksperimen dengan menggunakan aplikasi PsychoPy.

Dengan mengikuti pelatihan ini, mahasiswa diharapkan di masa yang akan datang mampu berinovasi menyusun riset eksperimen dengan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan serta mampu menghasilkan penelitian yang berkualitas.