Kuliah Tamu Pengembangan Karir: Isu-isu dalam Pengembangan Karir dan Talent Management

Pengembangan karir merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang karir, baik dari sudut pandang individu maupun organiasi. Ditinjau dari sudut pandang individu, mata kuliah ini akan membahas tentang definisi karir dan pilihan-pilihan jalur karir. Pemahaman tentang karir dari perspektif individu ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mempersiapkan pilihan karirnya setelah mereka menyelesaikan studi. Dari perspektif organisasi, mata kuliah ini akan membahas managemen karir dan sistem pengembangan karir dalam organisasi. Hal ini akan berguna untuk mengetahui pengaruh managemen karir organisasi terhadap kesempatan karir mereka di organisasi. Selain itu, hal tersebut juga dapat mereka aplikasikan apabila nantinya mereka berkarir sebagai Human Reasouce Officer di sebuah organisasi.

Namun demikian, penjelasan secara teoritis mengenai pengembangan karir menjadi kurang komprehensif tanpa adanya contoh nyata aplikasi teori pengembangan karir di organisasi. Mengingat teori mengenai pengembangan karir adalah teori yang aplikatif, yang tidak dapat dipahami dari mempelajari teori saja, namun juga membutuhkan pemahaman mengenai aplikasi penerapan teori tersebut dalam dunia nyata. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dilakukanlah kuliah tamu tentang pengembangan karir untuk membahas isu-isu pengembangan karir dan talent managemen dalam organisasi. Pada kesempatan tersebut, Ibu. Woro Ireng Renowati serta Ibu. Diana Ariany yang merupakan Human Reasouce Officer  dari SKK Migas menjadi pemateri yang memaparkan tentang management karir yang ada di SKK Migas. Audiens pada kegiatan itu mahasiswa semester 6 yang mengambil mata kuliah pengembangan karir dan PSDM.

Pada kegiatan tersebut, pemateri memeaparkan tentang proses bisnis yang ada di SKK Migas, kaitannya dengan kebijakan management karir dan pengembangan karir karyawan. Pemateri juga menyampaikan tentang pola karir yang diterapka di SKK Migas serta management informasi di SKK Migas, dimana perusahaan tersebut sangat menghargai dan menfasilitasi proses pengembangan karyawan dengan menyediakan berbagai program untuk pengembangan karyawan. Dari pemaparan tersebut, mahasiswa dapat memperoleh gambaran tentang pengembangan karir yang ada di organisasi. Diharapkan mahasiswa juga semakin termotivasi untuk meningkatkan konmpetensi, baik hard competence maupun soft competence dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja.