Kunjungan Siswa-Siswi SMP Al Azhar Surabaya

Pendidikan merupakan unsur penting dalam kehidupan individu. Pendidikan memberikan bekal pengetahuan yang dapat merubah pola pikir dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik. Berbicara tentang karir, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam perkembangan karirnya mulai memasuki masa eskplorasi karir, yaitu masa dimana mereka memiliki keingintauan yang tinggi tentang berbagai bidang sebagai pilihan karir mereka. Masa eksplorasi karir pada siswa SMP ditandai dengan munculnya keingintahuan mereka tentang berbagai bidang ilmu yang ada di perguruan tinggi. Mereka juga mulai menimbang-nimbang bidang minat yang akan mereka tekuni nantinya saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Diakhir masa eksplorasi karir ini, mereka akan memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi, bakat, dan minat mereka. Untuk itu, penting bagi mereka untuk mengetahu berbagai alternatif bidang ilmu, sehingga mereka tidak salah dalam menentukan jurusan yang menjadi tempat mereka melanjutkan studi.

Berdasarkan permasalahan diatas, SMP Al Azhar Surabaya mengadakan kunjungan kebeberapa jurusan yang ada di Universitas Brawijaya, salah satunya adalah psikologi. Psikologi merupakan bidang ilmu yang banyak diminati oleh siswa sebagai salah satu pilihan jurusan mereka. Namun demikian, siswa SMP masih banyak yang belum memahami apa sebenarnya ilmu psikologi. Selain itu, dikalangan masyarakat masih banyak beredar pemahaman yang kurang tepat mengenai ilmu psikologi itu sendiri. Ilmuwan psikologi sering diidentikkan dengan ‘dukun’ yang bisa ‘membaca’ kepribadian atau masa depan seseorang, sehingga berkembang juga mitos-mitos yang dikaitkan dengan psikologi. Pemahaman ini dapat mengaburkan pemahaman siswa dari esensi dari ilmu psikologi itu sendiri.

Kegiatan Seminar tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Maret 2018. Bertempat di Auditorium Nuswantara FISIP UB. Narasumber  dalam kegiatan tersebut adalah Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D. (selaku Ketua Jurusan Psikologi UB), Ika Herani, S.Psi., M.Si., Psikolog (Selaku sekretaris Jurusan Psikologi UB), serta Selly Dian Widyasari, S.Psi., M. Psi (Selaku Ketua Laboratorium Psikologi UB). Pemateri pertama menyampaikan materi mengenai apa itu ilmu psikologi, beda ilmu psikologi dengan pseudoscience, serta mitos dan fakta seputar psikologi. Pemateri kedua menyampaikan tentang peluang-peluang karir di bidang psikologi. Pemateri ketiga menyampaikan tentang penelitian-penelitian dalam bidang psikologi, utamanya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa SMP Al Azhar Surabaya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang ilmu psikologi.