Assessment Center Workshop Pusat Kajian Psikologi Terapan Psikologi UB

Assessment Center (AC) sebagai salah satu metode pengukuran kompetensi merupakan metode yang memiliki validitas paling tinggi jika dibandingkan dengan metode pengukuran lain. Metode ini melibatkan beragam teknik evaluasi dan beberapa asesor yang bertugas untuk menilai data secara objektif berdasarkan bukti-bukti yang ada hingga mencapai konsensus akhir. Salah satu perusahaan kelas dunia, yakni AT&T telah menerapkan pendekatan ini sejak tahun 1960-an guna menyeleksi dan mengembangkan para manajernya saat itu. Di Indonesia sendiri, perusahaan pioner yang menerapkan metode ini ialah PT. Telkom. Di tahun 1989, PT.Telkom bahkan telah menggelontorkan dana sebesar Rp 4 Miliar untuk membangun AC. Di tahun 2000-an berbagai perusahaan lain di Indonesia mulai mengikuti jejak PT. Telkom, seperti Bank BNI, Citibank, dan Auto 2000. Hingga saat ini, metode AC masih terus digunakan di berbagai perusahaan di Indonesia untuk kepentingan seleksi, penilaian kompetensi karyawan, penempatan karyawan, dan investasi jangka panjang guna pengembangan SDM perusahaan.

Meskipun seringkali digunakan dalam setting perusahaan, penggunaan assessment center dapat digunakan dalam berbagai setting mengingat tujuan utama AC adalah untuk mengukur kompetensi individu. Oleh karena itu, penting bagi berbagai instansi untuk memiliki asesor yang kompeten. 3-Day Assessment Center Workshop yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Psikologi Terapan (PKPT) Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya merupakan salah satu cara untuk memfasilitasi tingginya kebutuhan asesor yang kompeten. Pelatihan Assessment Center (AC) ini sendiri pada dasarnya tidak secara khusus ditujukan bagi individu dengan keilmuan psikologi saja, melainkan dapat diikuti oleh individu dari berbagai bidang keilmuan yang memiliki kebutuhan untuk melakukan penilaian kompetensi. Lebih jauh, pelatihan assessment center diharapkan dapat menjadi bentuk investasi pengembangan Sumber Daya Manusia.

Waktu         : Kamis-Sabtu, 6-8 Juli 2017.

Pukul           : 08.00-17.00 WIB.

Tempat       : Lantai 2 Gedung B FISIP UB.

Pembicara  :

1. Tekad Wahyono, M.Si., Certified Assessor, Certified Master Trainer, International Certified in Human Resource Analyst yang telah menangani perusahaan/organisasi/instansi BUMN, PMA, dan pemerintah.

2. Ika Rahma Susilawati, M.Psi., Certified Assessor, Praktisi AC yang telah menangani perusahaan/organisasi/instansi BUMN, PMA, dan pemerintah.