Workshop Internal: Stakeholder Management in Higher Education

Perubahan pola pengelolaan perguruan tinggi dari system kolegial menuju system korporasi mensyaratkan strategi manajemen stakeholder yang efektif. Kemampuan dosen untuk membina relasi dengan stakeholder, yaitu organisasi, jaringan, dan individu lain yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi pencapaian tujuan organisasi, harus diawali dengan pemahaman yang akurat mengenai proses dan etika bisnis di perguruan tinggi serta fungsi dan peran stakeholder internal dan eksternal.

Di institusi perguruan tinggi, stakeholder internal mencakup atasan, karyawan, dan mahasiswa, sedangkan stakeholder eksternal mencakup alumni ,pengguna jasa, dan mitra strategis lain. Meskipun atasan, karyawan, dan mahasiswa merupakan stakeholder kunci yang berasal dari dalam organisasi, hal ini tidak menjamin adanya kesamaan perspektif mengenai mutu dari proses bisnis yang seharusnya dilakukan oleh unit yang bersangkutan. Di sisi lain, kolaborasi dengan mitra strategis memerlukan suatu patokan yang terstandar agar semua kesepakatan, regulasi, dan praktik yang dilakukan tetap sejalan dengan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Workshop Stakeholder Management in Higher Education yang diselenggarakan oleh Jurusan Psikologi FISIP UB merupakan salah satu perwujudan dari tingginya semangat dan keinginan untuk memperkuat pemahaman dosen mengenai landasan filosofis proses dan etika bisnis serta praktik membina relasi yang efektif dengan stakeholder. Pemahaman yang akurat disertai dengan kompetensi komunikasi yang memadai diharapkan dapat meningkatkan reputasi Jurusan Psikologi dalam mendukung kerberhasilan visi FISIP UB di bidang socio-political entrepreneurship.

Hari : Jumat, 28 April 2017
Jam : 09.00 – 15.00
Tempat : Ruang Rapat Lt.7 Gedung A FISIP UB

Pemateri:

  1. Prof. Unti Ludigdo, Ak. (Business process and ethics in higher education).
  2. Maulina Pia Wulandari, Ph.D. (Building relationship and managing reputations towards internal and external stakeholder).